Senin, 05 Oktober 2015

Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogger

Ditulis oleh: eRL

Blog

Aktifitas menulis di blog atau sering disebut dengan nge-blog adalah kegiatan yang memiliki banyak manfaat. Dengan nge-blog, kita bisa terus mengasah kemampuan menulis kita. Selain bisa membagi ilmu kita dengan banyak orang lain, nge-blog juga membuat kita terus mengingat ilmu yang pernah kita dapat. Secara ekonomi, kalau kita mau, kita juga bisa memanfaatkan aktifitas blogging untuk mendapatkan penghasilan.

Nah, sebagai awalan, berikut ini adalah Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogger. Alamat yang akan kita dapat nanti adalah www.namablogpilihankita.blogspot.com. Caranya sangat mudah, gratis, dan masih termasuk dalam keluarga Google.Inc. Silahkan disimak ya...



Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogger


1. Pastikan bahwa kamu sudah terhubung dengan internet.


2. Pastikan bahwa kamu telah memiliki akun Gmail. Kalau belum, silahkan buat terlebih dahulu. Kalau perlu bantuan, bisa baca di sini.


3. Buka Blogger.com di tab baru, maka otomatis Blogger akan meminta password email kamu. Isikan passwordmu, enter.

Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogger

4. Kamu akan dibawa ke halaman profil. Atur profil untuk ditampilkan sebagai pemilik blog (Author). Profil bisa kamu buat sendiri. Atau, kalau kamu mau, bisa juga menggunakan akun Google+ kamu. Kalau saya, saya lebih suka membuat profil blogger yang minimalis dan terbatas.

Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogger


5. Atur nama yang akan ditampilkan, klik lanjutkan ke blogger. Pengaturan profil ini bisa diedit-edit lagi di kemudian hari kalau kamu mau.

Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogger

6. Setelah pengaturan profil selesai, kamu akan dibawa masuk ke halaman utama blogger kamu. Blogger memungkinkan kita untuk bisa membuat lebih dari satu blog hanya dengan satu akun. Nah, untuk membuat blog, klik Blog Baru.

Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogger





7. Pada pop up yang muncul, akan tampil pengaturan dasar blog kamu. Isi judul blog yang kamu mau, isi juga alamat yang kamu inginkan. Alamat yang kamu tulis otomatis akan berakhiran .blogspot.com. Jika tanda di samping kanan kolom alamat masih bertanda merah, itu artinya telah ada pengguna lain yang telah menggunakan alamat tersebut. Maka kamu wajib mengganti dengan alamat lain yang belum digunakan siapapun. Jika alamat sudah "aman", sudah tidak sama dengan alamat pengguna lain, maka tanda di samping kanan kolom alamat akan berwarna biru. Jangan upa pilih templatenya juga. Setelah itu klik Buat Blog.

Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogger




8. Sampai sini, secara teknis blog kamu telah jadi. Kalau ingin melihat tampilan blog kita, bisa klik Lihat Blog.


Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogger




9. Nah, ini contoh tampilan blog yang berhasil dibuat oleh Raden Kian Santang. Alamat blognya: www.ingat-ceritarakyat.blogspot.com, judul blognya: Cerita Rakyat Indonesia, authornya: Raden Kian Santang. Halamannya masih kosong, karena belum ada postingan yang dibuat.

Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogger




Sampai di sini dulu postingan saya kali ini, Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogger. Untuk langkah selanjutnya seperti menata tata letak, membuat postingan, dan lain lain, bisa kamu ikuti di postingan selanjutnya ya. Terimakasih telah berkunjung ke blog saya. Klik berbagi untuk menyebarkan ilmu ini. Semoga bermanfaat..





Tidak ada komentar:

Posting Komentar