Kamis, 08 Oktober 2015

Cara Merubah Bahasa Laptop Jepang menjadi Bahasa Inggris

Ditulis oleh: eRL

Laptop Jepang

Adik saya pernah magang di Jepang selama 3 tahun. Saat pulang, dia membeli laptop Sony Vaio keluaran sana. Yang bikin agak repot adalah,, semua tulisannya berbahasa Jepang,, kecuali tulisan "Windows". Saya yang sama sekali buta huruf Kanji dan Katakana tidak bisa membaca perintah dan keterangan-keterangan di layar monitor. Adik saya sendiri juga tidak bisa banyak membantu, karena pengetahuan komputernya Nol, serta kemampuan Kanjinya menyedihkan. Kacau sekali. Hanya untuk membuka control panel saja saya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Laptop-laptop yang dijual di Jepang biasanya default bahasa Operating Systemnya adalah Bahasa Jepang, lengkap dengan penggunaan huruf Kanji, Katakana, dan Hiragana. Biasanya memang Bahasa default suatu laptop diseting sesuai dengan bahasa dari negara dimana laptop tersebut dijual (kecuali Indonesia tentu saja). Masih tidak terlalu masalah jika bahasa defaultnya bahasa Non English tapi hurufnya huruf Romawi. Kita masih bisa minta bantuan Mbah Google Translate untuk mengartikannya. Lha kalau hurufnya menggunakan huruf yang tidak kita kuasai seperti huruf Jepang, huruf Cina, huruf Rusia, huruf Thailand, dan huruf-huruf asing lainnya, bisa berkunang-kunang pandangan mata kita!


Pada akhirnya sih, setelah browsing sana-sini, serta otak-atik laptop, laptop Jepang tersebut berhasil saya rubah Bahasa Defaultnya menjadi English. Dan rasanya senang sekali saat akhirnya bisa melihat tulisan Romawi yang berbunyi "Starting Windows". Dan karena kesusah-payahan yang saya rasakan tersebut, saya akan membagi Cara Merubah Bahasa Laptop Jepang menjadi Bahasa Inggris kepada kamu-kamu semua.


MUI Language Pack

MUI Language Pack adalah module dari Windows yang berguna untuk merubah bahasa default Operating System menjadi bahasa tertentu. Dengan module ini, Bahasa Default Operating System kita akan dirubah menjadi bahasa yang kita pilih.

Bagi kamu yang membutuhkan MUI Language Pack Bahasa English untuk Windows 7 64 bit, silahkan klik di sini. Klik Download pada Berkas Vistalizator.exe dan Windows6.1-kb........

Cara Merubah Bahasa Laptop Jepang menjadi Bahasa Inggris





Bagi kamu yang membutuhkan MUI Language Pack Bahasa lain dari Windows versi lain, silahkan klik di sini. Pilih Versi Windowsmu, pilih bahasa yang kamu inginkan, download.
Jangan lupa download juga vistalizatornya.

Cara Merubah Bahasa Laptop Jepang menjadi Bahasa Inggris

1. Instal terlebih dahulu vistalizator. Maka kamu akan masuk ke jendela ini.

Cara Merubah Bahasa Laptop Jepang menjadi Bahasa Inggris

Klik tombol ke-4 dari atas di sebelah kanan.


2. Maka akan muncul jendela yang meminta file MUI Language-mu. Pilih file, open. Maka proses penggantian bahasa default pun akan dimulai. Setelah selesai, otomatis komputer akan restart. Setelah restart, bahasa default sudah berganti.

Cara Merubah Bahasa Laptop Jepang menjadi Bahasa Inggris



Untuk keyboard yang digunakan, saya tetap menggunakan keyboard Jepang. Karena kalau diganti menjadi keyboard English, jadinya malah kacau. Tulisan yang diketik tidak sama dengan tulisan yang tertera di tombol keyboard. Untuk merubah huruf menjadi huruf Romawi, atau Katakana, atau Hiragana, atau Kanji, cukup dengan menekan sift+capslock.

Demikian tutorial Cara Merubah Bahasa Laptop Jepang menjadi Bahasa Inggris dari saya. Semoga bermanfaat. Silahkan klik share dan G+ jika postingan ini bermanfaat bagi kamu. Terimakasih telah menyimak. Sampai jumpa di postingan selanjutnya....









21 komentar:

  1. laptop saya jepang tapi keyboardnya jadi englis kacau deh itu gimana ya cara balikin ke jepang lagi mohon jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu jadi English karena diinstal MUI Language gan? Kalau ingin dibalikin, di-uninstal aja MUI Languagenya. Masuk control panel, program, uninstal program, klik MUI Language Pack, klik uninstal. Semoga membantu gan...

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. gan saya juga, jadi laptop saya jepang trus saya instal ulang pake windows 7 64, habis itu malah keyboarnya jadi inggris. gimana ya gan solusinya

      Hapus
  2. cara ini bisa dipakai untuk windows 10 ngga gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, tinggal dipilih yang versi windows 10 di kolom pilihan serinya gan...

      Hapus
  3. Saya mau nanya dong...saya juga bermasalah di keyboard..tp gak semuanya..untuk huruf alfabet masih bisa digunakan..untuk angka dan lambang2 gak bisa digunain..mohon saranya..makasih

    BalasHapus
  4. gan , kalau laptop japan merk mouse komputer di gantio windows di indonesia w10 bisa ngtgk yua? terimakasih

    BalasHapus
  5. Harus download software dahulu supaya bisa mengganti?

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Kalau misal laptop fujitshu gw yg dr japang gw instal ulang apa bakal jadi kacau penempatan keyboard? Nya?

    BalasHapus
  8. Masukkan komentar Anda...leptop saya asus tpi dsni bahasanya cina,gmna caranya biar bisa jdi bahasa indonesia?

    BalasHapus
  9. Klo laptor acer espare one tp bhs china gmn cara ganti bahasa ingris y.klo ad vdio tutorial ny mnt donk😊

    BalasHapus
  10. Gan laptop ane bahasanya turki,udah ane ikutin caranya tapi kok pas nyala cuma muncul pointer doang ya?? sisanya item

    BalasHapus
  11. Gan kalo Laptop saya pas di klik kanan ada bahasa jepang, itu gimna caranyanya ya

    BalasHapus
  12. udah dicobain nih gan, tapi malah muncul ttg windows update gitu knp ya?

    BalasHapus
  13. Kalo laptop nya windows 10 mau diganti dari jepang gimana?

    BalasHapus
  14. kalo windows 10 ngubah bahasanya gimana? saya dapet kiriman leptop jepang juga, mau diubah jadi inggris, gimana ya? thank's

    BalasHapus
  15. sangat membantu. thank you

    BalasHapus
  16. trimakasih kawan sangat membantu

    BalasHapus